Apa itu Metaverse?

Apa Itu Metaverse?

Metaverse pada tahun 2021 menjadi ramai dibicarakan gara-gara Facebook mengubah namanya menjadi Meta, dikabarkan akan menggelontorkan dana sebesar 10 milyar USD atau setara 40 triliun rupiah pada tahun ini untuk mewujudkan Metaverse. Sungguh mengejutkan sekali bukan dan jadi pertanyaan apa itu Metaverse dan adakah peluang bisnis di dalam Metaverse itu sendiri ?.

Gambaran Metaverse hanyalah imajinasi belaka saat ini, karena wujud dan bentuknya belumlah terwujud secara nyata dalam kehidupan sekarang. Namun apabila nanti memang benar terwujud Metaverse yang di gagas oleh visioner Mark Zuckerberg dan visioner lainnya, maka akan berpotensi mengubah cara menjalani hidup seperti bersosialisasi, bekerja, berbisnis dan apapun itu nanti yang berhubungan dengan dunia digital. Bagi sebagian perusahaan Metaverse akan membuka peluang bisnis tanpa batas dalam meraup berbagai keuntungan tentu dengan cara-cara yang sebelumnya tidak terbayangkan. Bagi para pelaku industri kreatif khususnya bidang digital design dan gaming Metaverse  adalah peluang paling besar yang sangat terbuka untuk memulai menyelami dan mengembangkan bisnis mereka. Untuk itu mari kita berkenalan dengan Metaverse.

Penjelasan Metaverse?

Menurut Wikipedia Metaverse adalah iterasi dari bagian Internet dari realitas virtual bersama, seringkali sebagai bentuk media sosial. Metaverse dalam arti yang lebih luas mungkin tidak hanya merujuk pada dunia virtual yang dioperasikan oleh perusahaan media sosial tetapi seluruh spektrum augmented reality. Istilah ini muncul pada awal 1990-an, dan dikritik sebagai metode membangun hubungan masyarakat dengan menggunakan konsep spekulatif, "berlebihan" murni berdasarkan teknologi yang ada. Sementara dianut oleh beberapa perusahaan teknologi seperti Facebook, Microsoft dan lain-lain, kekhawatiran tentang dampak pada masyarakat modern ketika semua interaksi orang ke orang secara efektif otonom. Singkatnya, Metaverse adalah ruang virtual yang dapat diciptakan dan dijelajahi dengan pengguna lain tanpa bertemu di ruang yang sama. Sedangkan yang lainnya menyebut Metaverse adalah jaringan luas dari dunia virtual tiga dimensi yang bekerja secara real-time dan persisten serta mendukung kesinambungan identitas, objek, sejarah, pembayaran dan hak yang mana dunia itu dialami secara serempak oleh jumlah pengguna yang tidak terbatas. Versi facebook sendiri mengartikan bahwa Metaverse adalah seperangkat ruang virtual yang kita dapat ciptakan dan jelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan kita. Sederhananya kita menciptakan avatar sendiri untuk hidup dan berinteraksi dengan avatar lainnya dalam sebuah dunia virtual menggunakan perangkat seperti VR yang membuat seakan kita ada dalam dunia virtual tersebut secara nyata. Di dalam Metaverse sendiri diciptakan konsep seperti halnya dunia nyata yang diduplikat masuk kedalam dunia maya, dimana kita akan menjalani kehidupan sama persis di kehidupan nyata.

Peluang bisnis Metaverse

Seperti halnya kehidupan nyata, dalam Metaverse sendiri banyak hal yang bisa dilakukan layaknya di kehidupan nyata saat ini seperti kita dapat berbelanja, melakukan traveling, bekerja bahkan hal-hal kecil terjadi disana. Maka dari itu peluang-peluang bisnispun akan sangat banyak tercipta bahkan mungkin bisnis baru yang muncul yang sebelumnya tidak ada di dunia nyata. Tentunya beragam bisnis kita di dunia nyata akan bermunculan nantinya seperti membeli tanah untuk disewakan/dijual, membangun tempat hiburan, menciptakan industri dan lain sebagainya persis dengan dunia kita yang nyata ini. Maka dapat disimpulkan bahwa Metaverse untuk peluang bisnis sangatlah terbuka bagi kita asalkan kita dapat memulai lebih dahulu dibanding dengan yang lainnya. Bayangkan saja jika saja saat ini kita mulai mempunyai lahan tanah di Metaverse yang masih murah, dan dijual atau dijadikan lahan bisnis kita entah itu mall atau tempat hiburan maka suatu saat kita akan meraup untung besar jika memang nanti penghuni dunia nyata sudah masuk atau menetap dalam dunia Metaverse. Sebidang tanah yang kita miliki tentu memiliki aset dan nilai digital yang benar-benar milik kita dan dapat di perjual belikan nantinya. Intinya jika kita memiliki aset digital paling awal tentu kita akan mendapatkan nilai aset digital paling tinggi seusai hukum ekonomi di dunia nyata.


Metaverse sebagai internet masa depan memberikan lebih dari ruang virtual yang memungkinkan semua orang melakukan banyak hal. Mengingat kita akan segera memasuki teknologi 5G, tentu saja ini adalah berita yang menyenangkan. Teknologi ini tentu saja bisa digunakan untuk banyak hal seperti digital marketing, maupin sebagai hiburan.

Posting Komentar untuk "Apa itu Metaverse?"