Software Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Software Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Mahasiswa teknik sipil saat ini dituntut untuk menguasai software dengan baik, karena di generasi sekarang ini dosen cenderung mengarahkan mahasiswanya untuk mengenal bahkan bisa menggunakannya. Mahasiswa teknik sipil dan arsitek bisa dikatakan akan berhubungan secara langsung, mengingat jurusan kuliah tersebut membidangi tentang suatu perencanaan. Di dunia kerja kebutuhan skill terhadap penguasaan aplikasi / software sangat penting untuk dimiliki, mengingat begitu besar peluang kerja jika kita dapat menguasai bidang kuliah tersebut dan disempurnakan dengan menguasai software untuk mendukung pekerjaan. 

Penting untuk kita sebagai mahasiswa mengetahui bidang jurusan yang kita tempuh, jangan sampai kita bertanya seperti, teknik sipil kerja apa? atau setelah lulus kuliah teknik sipil kerja apa?. Tentu jika kita yang memilih jurusan ini dan tahu peluang kerjanya nanti, maka selanjutnya adalah memperdalam kemampuan akademik dan menguasai software teknik sipil untuk bekerja nantinya. Berikut software atau aplikasi yang biasa digunakan dalam dunia kerja teknik sipil yang harus dikuasi oleh mahasiswa teknik sipil. 

1. AutoCAD

AutoCAD
AutoCAD

Aplikasi populer di dunia kerja dan perusahaan, aplikasi atau software Autocad ini mampu mengerjakan gambar 2D dan 3D. Sebagai mahasiswa teknik sipil AutoCad wajib harus kita kuasai karena memang di dalam pekerjaan nanti akan sering dijumpai gambar-gambar AutoCad sehingga kita dituntut untuk dapat menguasai atau paling tidak bisa mengoperasikannya. Selain itu kita wajib bisa membaca gambar ya, jangan sampai kita tidak mengerti apa yang dimaksud di dalam gambar yang diberikan kepada kita. Silahkan mulai download dan install aplikasinya sebelum kalah nilai tambah nanti untuk melawan pesaing kita. 

2. SAP2000

SAP2000
SAP2000

SAP2000 merupakan program yang digunakan untuk menganalisis dan mendisain struktur, baik bangunan maupun jembatan. Bagi mahasiswa teknik sipil yang suka dengan bangunan gedung seharusnya menjadi penting untuk menganailis atau menguji kelayakan desain kita dengan software ini.
3. SketchUp
SketchUp sebetulnya lebih condong ke jurusan Arsitek, namun tidak salahnya sebagai mahasiswa teknik sipil dapat mengoperasikannya untuk mendukung visual dalam bentuk 3 dimensi sebuah rancangan kita seperti mendesain sebuah rumah, gedung bahkan kawasan yang memiliki kerumitan yang seru untuk kita kerjakan.

4. ETABS

ETABS
ETABS

Sofware ini adalah hampir mirip dengan SAP2000, maka jika kita menguasai SAP2000 pasti tidak akan kesulitan menggunakan ETABS, hal yang membedakannya adalah ETABS lebih condong untuk struktur gedung.

5. AutoCAD Civil 3D

AutoCAD Civil 3D
AutoCAD Civil 3D

Bagi teknik sipil menguasai AutoCad Civil 3D untuk sekrang ini sangatlah berharga, dari namanya kita sudah tahu peruntukkannya untuk apa. Software ini bisa dikatakan penerus dari AutoCad Land desktop yang populer pada masanya. Hanya saja AutoCad Land desktop tidak bersifat dinamis seperti AutoCad Civil 3D. 

6. Plaxis

Plaxis
Plaxis

Plaxis merupakan software yang populer di kalangan ilmu geoteknik, penting bagi seorang geoteknik untuk mengetahui perilaku tanah terkait longsoran dan pemodelan rancangan terhadap deformasi dan stabilitas tanah. Untuk yang senang dan tertarik dengan ilmu geoteknik Plaxis wajib untuk dikuasai.

7. HEC-RAS

HEC-RAS
HEC-RAS

HEC adalah Hidrologic Engineering Center dan RAS adalah River Analysis System, software satu ini sangat cocok untuk ilmu Hidrologi dan Hidrolika. Bagi engineer yang bergelut dengan sumber daya air software ini merupakan aplikasi yang mumpuni untuk membuat pemodelan kondisi banjir suatu sungai, aliran sungai, model bendung, waduk dan bangunan air lainnya.

8. 3D Max

3D Max
3D Max

Salah satu desain animasi dan model 3 dimensi ini sangatlah berguna untuk jurusan arsitek. Software dengan pemodelan animasi akan mempermudah dan mengetahui gambaran rencana kita terhadap apa yang kita desain. Walaupun dirasa tidak cocok untuk jurusan teknik sipil tidak ada salahnya kita mampu mengoperasikan aplikasi ini sebagai nilai tambah seorang perencana.

9. Global Mapper

Global Mapper
Global Mapper

Global Mapper adalah software pendukung yang sangat membantu untuk mahasiswa teknik sipil, selain membuat pemetaan software ini juga membantu dalam penentuaan arah aliran dan berbagai feature yang dapat dimaksimalkan dalam hal membuka berbagai file yang berhubungan dengan peta.

10. STAAD.Pro​

Staad Pro
Staad Pro

STAAD.Pro sebenarnya mirip-mirip dengan ETABS yang membedakannya adalah pemilik masing-masing software tersebut. Sehingga software ini juga cocok untuk analisis struktur gedung yang kita rancang.

Bagaimana ? apakah kalian sudah menguasai salah satu software yang disebutkan di atas ? seharunya ada yang kita kuasai ya. Software yang disebutkan merupakan yang paling sering muncul dalam dunia teknik sipil, apalagi kita sebagai mahasiswa sebaiknya menyempurnakan kemampuan akademik kita dengan menambah keterampilan kita untuk bersaing di dunia kerja nanti. Sedikit pesan untuk kita, jangan ragu untuk menguasai apapun di dunia ini, karena ilmu tidak akan pernah merugikan kita.

Posting Komentar untuk "Software Untuk Mahasiswa Teknik Sipil"