Belajar Cara Membuat dan Menggunakan Layer di AutoCAD

Belajar Cara Membuat dan Menggunakan Layer di AutoCAD

Untuk membuat desain di autocad, lebih dulu dipersiapkan layer yang hendak kita pakai untuk menggambar di workspace ini.

Penggunaan layer penting bila rasio project atau gambar yang kita bikin lumayan besar dan mempunyai tingkat kesukaran yang cukup kompleks. Kita pun wajib melakukan pengaturan Unit unit pelukisan dan Objek Snap agar proses pengerjaan gambar yang kita bikin jadi terorganisir

Dengan mengatur layer, kita dapat memilih, mengubah atau hapus objek tertentu secara mudah, hingga dengan penggunaan layer secara terpisah bisa membuat management gambar yang kita bikin jadi lebih terorganisir dan baik.

Denah dengan layer


Pemahaman Layer

Secara bahasa "Layer" memiliki arti lapisan. Begitupun dalam AutoCAD, layer berfungsi untuk membuat atau memisahkan gambar ke lapisan-lapisan yang berbeda.

Misalkan saat menggambar sebuah denah bangunan, kita dapat menggambar tembok, lantai, atap, jendela dan pintu dalam layer yang lain satu dengan lain.


Pembuatan Layer

Beberapa langkahnya ialah seperti berikut :

1. Pertama kalian Pilih Layer Properties yang terletak di tab home.

Layer Properties

2. Maka ada penampilan Layer Properties Manager, kita harus membuat layer baru dengan cara Klik simbol New Layer atau tekan Alt + N.


3. Ketiklah nama layer yang akan dibuat, ulangi langkahnya sampai layer yang kalian ingin buat seperti layer untuk Dinding, Batas, Arsir dll.

Nama layer
Nama layer


4. Untuk mengganti warna, pertama kali yang perlu kalian lihat ialah warna nya silahkan kalian tukar warna dengan cara klik warna kotak putih di kolom color. Lalu pilih warna yang kalian harapkan, click Ok.

Warna Layer
Warna Layer

5. Untuk tipe garis kalian klik continuous yang terletak berada di kolom linetype. Maka akan ada penampilan Select Linetype lalu Klik Load untuk mengganti linetype. Pilih linetype yang kalian harapkan. Click Ok.

Tipe Garis
Tipe Garis

6. Seterusnya lihat kolom Lineweight, click Standar untuk menukarnya. Di sini kalian dapat tentukan ketebalan garis yang kalian harapkan. Sesudah usai click Ok.

Tebal Garis
Tebal Garis

7. Pada kolom Transparency kalian dapat mengganti garis supaya kelihatan lebih terbuka dari garis yang lain, kalian dapat click 0 yang ada di kolom transparency lalu ketik tingkat transparan yang kalian harapkan.

Tranparan
Tranparan

8. Ada pula opsi Plot Model yang berfungsi untuk mengganti tampulan plot yang kalian harapkan. Triknya sama click Normal yang ada di kolom plot style. Maka ada penampilan plot model lalu lihat sisi active plot model yang ada menu dropdown yang dapat kalian tentukan sama sesuai keperluan. Lalu akan ada kembali opsi di kotak plot model, pilih kembali, click ok.

Pengaturan Plot Garis
Pengaturan Plot Garis

9. Lalu untuk mengatur apa objek di layer itu ingin diplot atau tidak ingin diplot kalian dapat menggantinya di kolom Plot dengan cara meng-Klik gambar printer di kolom Plot. Bila ada simbol merah maknanya objek yang ada pada layer itu tidak bisa diciptakan tapi jika ada gambar printer saja karena itu layer itu bisa diciptakan.

Sesudah usai membuat layer, saat ini mulai mengimplementasikannya langsung di AutoCAD, triknya saat kalian ingin menggambar tentukan layer yang ingin kalian pakai secara click Menu dropdown layer yang memiliki bentuk memanjang di atas atau yang seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini.


Cara Menggunakan Layer Pada AutoCAD

Nah, seterusnya saja jelasakan beberapa cara untuk me-manage Layer seperti aktifkan layer, mengamankan lain-lain dan layer.


1. Mengakatifkan Layer

Perlu kalian tahu jika setiap kita menggambar objek di monitor kerja, secara automatis objek itu akan masuk ke Layer yang aktif saat itu. Jadi misalkan kita akan menggambar Interior dalam sebuah denah rumah, kita aktifkan Layer Interior ditambah dulu.

Mengaktifkan dan mematikan Layer
Mengaktifkan dan mematikan Layer

Untuk aktifkan layer, kita cukup membuka Layer Properties Manager selanjutnya click 2x pada layer yang ingin kita aktifkan.

Atau cara yang lain, klik layer yang kita harapkan, lalu click tombol menu Set Current. Layer yang aktif ada pertanda centang hijau.


2. Menambah dan Memindahkan objek ke layer

Seperti tadi saya ucapkan di atas, setiap kita menggambar objek karena itu objek itu akan automatis masuk ke Layer yang aktif.

Tapi tidak jadi permasalahan, bila misalkan kita telanjur menggambar objek saat sebelum membuat Layer. Kita dapat membuat Layer, kemudian menambah gambar ke Layer baru kita. Cara ini bisa juga kita pakai untuk mengalihkan objek dari Layer satu ke Layer lainnya.

Triknya ialah blok / penyeleksian semua objek yang hendak kita masukan atau kita alihkan ke Layer tertentu. Kemudian click kanan, lalu tentukan Properties. Expand menu Layer, lalu click nama layer yang kita harapkan.


3. Sembunyikan Layer

Untuk sembunyikan atau tampilkan salah satunya atau beberapa layer, triknya membuka kotak dialog Layer Properties Manager, lalu click Layer yang kita harapkan. Kemudian click OFF (ikon lampu). Bila ikon lampu telah berbeda warna dari putih jadi biru memiliki arti layer telah OFF.

Atau kita bisa juga meng-hidden layer dengan click ikon Freeze.

Sepintas tidak ada ketidaksamaan di antara Pilihan OFF dan Freeze, ke-2 nya akan sama hilangkan layer dari monitor kerja. Keterangan ketidaksamaan OFF dan Freeze dapat kalian baca pada tambahan video diakhir artikel ini.


4. Mengunci Layer

Untuk mengamankan layer, membuka Layer Properties Manager lalu klik layer yang hendak kita kunci. Kemudian click pilihan Lock (lambang gembok). Bila ikon kunci gembok tertutup memiliki arti layer telah terkunci, bila ikon kunci gembok terbuka memiliki arti layer tidak terkunci.

Saat Layer kita kunci, semua objek didalamnya tidak dapat kita hapus, lain-lain dan move.


6. Cara Hapus Layer

Untuk hapus layer, kita cukup membuka kotak dialog Layer_Properties_Manager, lalu klik layer yang hendak kita hapus, kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.

Nah, itu ia tutorial membuat layer di AutoCAD, Ingat ya saat sebelum menggambar selalu buat layer pada awal lebih dulu supaya mempermudah dalam menggambar nantinya. Karena bila kita membuat layer diakhir maka jadi lebih susah untuk mengaturnya. Sesudah memahami berkenaan cara membuat layer saat ini mulai cobanya langsung di AutoCAD kalian sesuai tutorial di atas.

Posting Komentar untuk "Belajar Cara Membuat dan Menggunakan Layer di AutoCAD"