Peluang Kerja Jurusan Teknik Sipil

Peluang Kerja Jurusan Teknik Sipil

Kamu mau masuk kuliah ke program jurusan teknik sipil? Namun tetap kebingungan, apa harapan kerja dan karier yang didapat saat kamu sudah jadi alumnus teknik sipil?

Potensi kerja teknik sipil benar-benar berpeluang besar, tidak cuma jadi karyawan di bagian konstruksi bangunan entahlah itu mandor, pelaksana sampai kepala proyek yang sering diperlukan di Indonesia atau Internasional, tetapi masuk ke lingkup yang bertambah luas, yakni membuat peradaban dunia keseluruhannya termasuk lingkungan, infrastruktur, sumber daya manusia, ekonomi, transportasi, dan yang lainnya. Peluang kerja di jurusan Teknik Sipil untuk perempuan dan laki-laki saat ini sama setara, gaji untuk pekerja alumni teknik sipil sangat menjanjikan selama kita menguasai ilmu dan menjadi spesialis salah satu bidangnya.

Tentu saja, pengetahuan dari teknik sipil benar-benar dibutuhkan untuk suatu perusahaan atau organisasi yang bergerak dalam beragam tipe sektor. Oleh karenanya, tidaklah mengherankan banyak pekerjaan yang memerlukan alumnus teknik sipil untuk mengisi beragam jenis lowongan kerja.

Civil Engineer
Civil Engineer

Pada hakekatnya, kamu sebagai alumnus teknik sipil dapat bekerja di instansi pemerintah, lembaga, perusahaan swasta, BUMN, dan tentu saja dapat berwiraswasta berdikari.

Ada banyak kesempatan kerja yang dapat diambil untuk alumnus teknik sipil diantaranya:


1. Konsultan / Kontraktor Konstruksi Bangunan

Konsultan/Kontraktor ialah perorangan atau badan hukum yang dikontrak atau disewa oleh pemilik proyek untuk melakukan tugas sesuai kesepakatan kontrak yang sudah disetujui dan sesuai keahliannya. Tugas konsultan/kontraktor dibatasi oleh waktu penuntasan, biaya, dan beberapa hal yang perlu diselesaikan sesuai kontrak.

Alumnus jurusan teknik sipil dapat bekerja di bagian pembangunan sebuah kontruksi, contoh posisinya sebagai: Ahli struktur, site engineer, drafter dan estimator.

Konsultan/Kontraktor
Konsultan/Kontraktor


2. Program atau proyek pembangunan

Mahasiswa teknik sipil nantinya dapat bekerja dalam sebuah gagasan pembangunan, misalkan jalan raya, jalan tol, jembatan, rumah sakit, bendungan dan lain - lain. Negeri kita ini sebagai salah satunya negara yang menggiatkan pembangunan, menjadi mahasiswa teknik sipil dan nantinya ikut berkarier di bagian pembangunan sarana sebagai salah satunya kesempatan yang bagus.

Infrastructure
Infrastructure

3. Karyawan Negeri Sipil ( PNS)

Beberapa instansi pemerintahan memerlukan alumnus teknik sipil. Misalnya badan dan dinas seperti Badan rencana wilayah, PMU-Bina Marga, rumah sakit, Departemen ESDM, Dinas tata kota dan pertamanan.

civil servants
Civil Servants

4. Badan Usaha Milik Negara ( BUMN)

Beberapa BUMN menyiapkan lowongan untuk sarjana tehnik misalnya di Cipta karya ( Perencanan), Waskita karya ( Bangunan Gedung), Hutama karya (Jalan dan jembatan ) dan BUMN-BUMN yang lain.

bumn
BUMN

5. Insinyur Konstruksi

Seorang insinyur konstruksi bertanggungjawab akan design, management dan supervise dari beragam proyek konstruksi, baik itu ialah proyek bangunan, jalan, jembatan, perairan, sistem pembuangan, dan lain-lain.

Engineer
Engineer

Insinyur konstruksi bekerja memperhitungkan perihal-perihal yang terkait dengan lingkungan, perairan konstruksi, dan memastikan di mana seharusnya bangunan dibuat. Disamping itu, insinyur konstruksi harus juga memprediksikan beberapa masalah yang kemungkinan ada sekian tahun ke depan sesudah bangunan itu jadi , dan bagaimana penyelesaiannya. Dalam tugasnya, insinyur konstruksi akan bekerja bersama dengan arsitek, manager konstruksi, bagian perencanaan dan surveyor.


6. Insinyur Struktur

Secara umum, seorang insinyur struktur bertindak selaku konsultan untuk para arsitek dan kontraktor. Sesudah seorang arsitek usai membuat bangunan, insinyur struktur akan membuat beberapa perhitungan dan perkiraan, seperti bahan bangunan apa yang hendak dipakai, mengestimasi ketahanan bahan bangunan (misalkan dalam cuaca ekstrim seperti salju, musim panas), selanjutnya berdiskusi dengan anggota team yang lain, misalkan insinyur bahan bangunan dan pakar lingkungan. Insinyur struktur mengatasi perobohan bangunan, atau pemeliharaan bangunan.

Structure Engineer
Structure Engineer 

Pada saat dan sesudah bangunan dibuat, insinyur struktur akan mengunjungi lapangan untuk memastikan semua berjalan sesuai proses dan tahapan yang ditetapkan.


7. Surveyor Kontrol Bangunan

Tanggung-jawab dari pekerjaan ini yaitu memastikan semua proyek bangunan menaati ketentuan dan hukum yang berjalan. Menguji ketahanan fondasi, bahan bangunan, drainase dan peninjauan yang lain sebagai tanggung-jawab dari surveyor kontrol bangunan.

Controller
Controller

Bila satu proyek rupanya tidak memenuhi kriteria yang dijelaskan dalam ketentuan dan hukum, surveyor kontrol bangunan perlu memberi jalan keluar, dengan menimbang biaya dan penundaan yang kemungkinan terjadi.

Mereka akan disuruh untuk mensurvei bangunan yang hancur karena musibah alam, dan memberi jalan keluar bagaimanakah cara untuk membuat kembali, atau membenahi.


8. Insinyur Sumber Daya Air

Pekerjaan ini bertanggungjawab dalam membuat sarana suplay air. Dalam membuat mekanisme perairan, mereka harus menimbang design, management dan perawatan sistem (sumur bawah tanah, sumber mata air alami). Pekerjaan ini meyakinkan komunitas seputar bisa mendapat sumber daya air yang higenis dan bebas kontaminasi.

Dalam kerjanya, insinyur sumber daya perairan bekerja bersama dengan insinyur struktur untuk memperoleh info bangunan bendungan atau bangunan air yang lain.

water resources
Water resources

9. Insinyur Pemeliharaan Bangunan

Pekerjaan ini mengelola rancangan, penempatan dan perawatan dari semua pelayanan yang dibutuhkan suatu bangunan untuk berperan secara baik, baik itu penerangan, daya listrik, air, mekanisme keamanan, mekanisme darurat dan lain-lain.

Maintenance building
Maintenance building

10. Sektor Umum

Infrastructure
Alumnus teknik sipil masih mempunyai beragam pilihan, misalnya mereka dapat bekerja di BUMN yang tidak terkait dengan industri di bagian konstruksi untuk pembangunan misalkan Telkom dan PLN. Tugas yang sudah dilakukan alumnus teknik sipil pada perusahaan ini misalnya pada prasarana tower telekomunikasi dan bendungan untuk pembangkit listrik. Perusahaan - perusahaan swasta bisa menjadi tempat bekerja alumnus teknik sipil termasuk perusahaan minyak dan pertambangan.

Posting Komentar untuk "Peluang Kerja Jurusan Teknik Sipil"