Pengertian Koordinat Geografis dan UTM

Dalam dunia teknik sipil kita harus terbiasa mengolah atau mengetahui sistem pengkoordinatan suatu peta atau informasi terkait lokasi dalam sebuah pekerjaan. Maka dari itu, koordinat menjadi hal yang penting dalam sebuah pekerjaan atau proyek di teknik sipil. Berikut penjelasan tentang apa itu koordinat dan sistem yang membaginya.

Pengertian dari koordinat adalah suatu titik yang diperoleh dari hasil perpotongan garis latitude (lintang) dengan garis bujur (longitude) atau juga perpotongan dari garis X dan garis Y yang menjadikan titik pusat dari perpotongan nilai tersebut sehingga menunjukan lokasi pada suatu daerah. Pada umumnya koordinat dibedakan menjadi dua sistem bagian koordinat yaitu Geografis dan sistem koordinat Universal Transver Mercator (UTM).

Sistem Koordinat Geografis 

Sistem koordinat Geografis adalah sebuah sistem koordinat yang digunakan dalam penunjukkan suatu titik di Bumi berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Dimana garis lintang ialah garis horizontal yang diukur berdasarkan sudut antara suatu titik dengan garis katulistiwa Bumi. 

  • Titik di utara garis katulistiwa bumi diberi nama Lintang Utara (North) 
  • Titik di selatan garis katulistiwa Bumi diberi nama Lintang Selatan (South)
Garis Bujur adalah garis vertikal yang mengukur sudut di antara titik dengan titik nol di Bumi. Titik nol Bumi berlokasi di Greenwich London Britania Eaya yang merupakan titik bujur 0° atau 360° yang telah disepakati secara internasional.
  • Titik di barat bujur 0° diberi nama Bujur Barat
  • Titik di timur bujur 0° diberi nama Bujur Timur
SISTEM KOORDINAT GEOGRAFIS
Sistem Koordinat Geografis


Pada koordiant Geografis dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan satuannya seperti berikut :
1. Decimal Degree (DD) contohnya : S 6.92137 E 107.61117
2. Degrees Minutes contohnya : -6° 55.2822' S 107° 36.6702' E
3. Degrees, Minutes, Seconds (DMS) contohnya : 6°55'16.9"S 107°36'40.2"E

Contoh posisi koordinat
Contoh posisi koordinat

Sistem Koordinat Universal Transver Mercator (UTM)

Pada sistem koordinat UTM atau Universal Transver Mercator bumi dibagi kedalam beberapa zona yaitu antara 01 sampai dengan 60 dengan satuan meter. Pada sistem koordinat UTM bumi dibagi menjadi dua wilayah bagian yaitu bagia atas khatulistiwa sebagai utara dengan kode N (North) dan bagian bawah khatulistiwa sebagai selatan dengan kode S (South). Di Indonesia senidri terdapat 18 pembagian zonasi waktu yaitu 9 zona di utara dan 9 zona di selatan seperti berikut, 46N, 46S, 47N, 47S, 48N, 48S, 49N, 49S, 50N, 50S, 51N,51S, 52N, 52S, 53N, 53S, 54N dan 54S. 
Sistem koordinat UTM
Sistem Koordinat UTM Indonesia


Sistem koordinat UTM world
Sistem Koordinat UTM

Dalam coordinate reference system (CRS) selalu memiliki satu datum dan satu sistem koordinat, dimana di Indonesia sendiri selalu menggunakan Datum WGS84 atau WGS 1984. Sedangkan untuk sistem koordinat di Indonesia yang cocok adalah Geographic Coordinate System WGS1984 (WGS84 / EPSG:4326).

Posting Komentar untuk "Pengertian Koordinat Geografis dan UTM"