Mengenal Pengertian Garis Feature Line Pada Autocad Civil 3D

Garis Feature Line pada Autocad Civil 3D adalah obyek 3D yang digunakan sebagai garis atau nilai perataan pada tapak bangunan (footprint) atau kemiringan dari perekayasaan bentuk bidang dengan menentukan nilai dari elevasi / grade dari setiap simpul (vertex) yang dimilikinya. Penting untuk memahami fungsi dasar dari AutoCAD Civil 3D yang memang banyak memiliki obyek maupun tools yang perlu dikuasai dalam menggunakan aplikasi AutoCAD Civil 3D ini. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :

pengertian garis feature line civil 3d
Terlihat pada tampilan 2D garis feature line terlihat seperti garis biasa pada Autocad Civil 3D, namun jika pada tampilan 3D garis feature line pada setiap vertex atau simpul memiliki masing-masing elevasi yaitu elevasi +105 dan +100 dengan demikian maka garis feature line tersebut memiliki beda tinggi 5 meter di bagian tengah.
Kesimpulannya garis feature line pada Autocad Civil 3D adalah garis  3D feature line akan mempunyai bentuk permukaan tergantung dengan nilai elevasi simpul / vertex yang dimasukkan.

Untuk merekayasa nilai-nilai elevasi dari vertex feature line digunakan tool edit elevations yang memiliki berbagai fungsi dalam penggunaannya seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :

Edit Elevations Feature line



Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian Garis Feature Line Pada Autocad Civil 3D"