Cara Membuat Assembly dari Polyline Autocad Civil 3D

 Pada kesempatan kali ini sebelumnya telah dijelaskan tentang Cara membuat Assembly Jalan dan  disini kita akan menjelaskan kelengkapan tentang cara membuat Assembly drainase jalan atau Uditch dengan polyline. Untuk itu agar dapat mengikuti penjelasan ini sebaiknya ikuti terlebih dahulu pos sebelumnya tentang cara membuat Assembly jalan, karena pos ini merupakan pelengkap pos sebelumnya. 

Subassembly from Polyline

Dalam membuat Assembly saluran sebetulnya telah disediakan di Tool Pallate, akan tetapi untuk kali ini kita disini mencoba membuat dengan cara menggunakan perintah Create Subassembly from Polyline, Perintah  Create Subassembly from Polyline sangat bermanfaat apabila kita kesulitan mengatur parameter pada Subassembly, namun kekurangannya adalah kita harus kerja ekstra dalam mengatur Kode-kode Link, Point dan Shape yang memang diperlukan. Untuk mendapat gambaran langsung saja kita coba membuat contoh cara membuat Subassembly Uditch / saluran.

1. Membuat Uditch/saluran dengan Polyline

Contoh Uditch
2. Create Subassembly from Polyline

Uditch Subassembly dari polyline

3. Add Code Point, Link dan Shape

a. Point (Bulat pada Subassembly)

untuk menambahkan kode pada point yaitu dengan cara :

Select object terlebih dahulu kemudian akan muncul panel Modify Subassembly terdapat Add Code kemudian masukkan kodenya (contoh untuk pertama 1) setelah itu klik pada bulatan tersebut dan kemudian lanjutkan sampai dengan kode angka 10. (Seperti gambar di bawah ini).

Add Code Point

b. Link (Garis antar point)

untuk menambahkan kode pada Link yaitu dengan cara :

Select object terlebih dahulu kemudian akan muncul panel Modify Subassembly terdapat Add Code kemudian masukkan kodenya (untuk permukaan atas beri kode Top dan bawah beri kode Datum) setelah itu klik pada garis-garis tersebut (Seperti gambar di bawah ini).

Top Datum Subassembly

c. Shape (Fill)

untuk menambahkan kode pada Shape yaitu dengan cara :

Select object terlebih dahulu kemudian akan muncul panel Modify Subassembly terdapat Add Shape kemudian Select semua object uditchnya dan Enter

Selanjutnya beri kode pada shape tersebut dengan cara Select object terlebih dahulu kemudian akan muncul panel Modify Subassembly terdapat Add Code masukkan kodenya (Contoh Uditch) setelah itu klik pada solid uditchnya (Seperti gambar di bawah ini).

Shape Subassembly Uditch
d.  Modify Origin
Modify Origin pada Subassembly adalah titik penempatan dengan point Subassembly lainnya, maka dari itu kita disini tempatkan pada bagian pada Point kode 1 (sudut kiri atas uditch).
Modify Origin Subassembly

4. Add to Assembly

Select terlebih dahulu Subassembly yang telah kita buat kemudian Add to assembly dan letakan pada point untuk uditch (lihat gambar di bawah)
Add to Assembly
Maka hasilnya akan seperti dibawah ini
Create Subassmbly from Polyline
Pos terkait tentang penjelasan ini dijelaskan di pos Cara membuat Assembly Jalan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Assembly dari Polyline Autocad Civil 3D"