Menampilkan Volume Galian dan Timbunan di Autocad Civil 3D

 Volume galian dan timbunan sangat penting porsinya dalam pengolahan gambar untuk sebuah informasi terkait tentang kuantitas dan bayangan terhadap sebuah pengerjaan galian maupun timbunan, dengan demikian perencana haruslah menimbang dan memprediksi galian dan timbunan dalam merancang desainnya sehingga menghasilkan efisiensi terhadap galian dan timbunan tersebut. 


Autocad Civil 3D dirasa saat ini cocok dalam membantu pekerjaan rancangan/rencana seperti rencana Jalan,  Grading Kawasan, Pemipaan dan beberapa bidang pada teknik sipil. Saat ini Autocad Civil 3D telah banyak yang mengguanakan dan populer di kalangan perusahaan-perusahaan konsultan jasa, dengan sifatnya yang dinamis Autocad Civil 3D tentu memiliki kelebihan dibanding yang lain. Kecepatan dan ketepatan  Autocad Civil 3D dalam menghitung dan memodelkan dirasa sangat membantu dan dipercaya oleh penggunanya. Namun dalam pengoperasiannya pun sangatlah beda dan sedikit rumit karena sebanding dengan keluwesan dalam melakukan pemodelan secara cepat dan terintegrasi.

Salah satu hal yang menguntungkan bagi perencana tentu dapat lebih cepat memprediksi Galian dan timbunan terkait rencananya. Sehingga pada kesempatan ini, kita akan membagikan salah satu keuntungan yang ada pada Software Autocad Civil 3D ini yaitu, Untuk memunculkan volume galian dan timbunan di  Autocad Civil 3D, kita akan fokus ke panel Volumes and Materials di menu Total Volume Table.

Langkah-langkah dan syarat untuk memunculkan volume galian dan timbunan pada  Autocad Civil 3D secara singkat seperti berikut :

1. Pastikan Surface Eksisting telah dibuat

2. Alignment telah dibuat

3. Profile view sudah dibuat dan di desain

4. Membuat Assembly jalan

5. Membuat Corridor

6. Membuat surface Corridor

7. Memberikan Sample line

8. Generate Compute Materials

9. Total Volumes Table

Rencana Jalan Autocad Civil 3D

Poin di atas merupakan urutan memunculkan volume autocad civil 3d secara garis besar, jika hal di atas telah dilakukan seharusnya tabel volume galian dan timbunan akan muncul. Urutan cara pengerjaan yang paling penting adalah pada poin 7, dimana sample line harus dibuat saat Corridor dan surface corridor telah dibuat tujuannya agar tidak  mengatur dan memilih antara Surface Eksisting vs Rencana.

Profile View
Porfile View atau Potongan Memanjang

Terlihat pada Profile View atau Potongan Memanjang rencana jalan tersebut ditunjukkan adanya Galian dan  Timbunan. Untuk mengetahui berapa nilai galian dan timbunan tersebut harus dibuatkan tabel perhitugan dimana pada Autocad Civil 3D sendiri sudah di sediakan. Berikut langkah untuk memunculkan Volume Galian dan Timbunan di Autocad Civil 3D :

  • Analyze > Compute Materials
Panel Analyze & Volumes and Materials

Compute materials

  • Pada langkah Compute material dipastikan Alignment juga Sample line dipilih sesuai profile yang akan ditampilkan Volume galian dan timbunannya. Jika sudah dipilih lanjutkan dengan klik OK.
Compute materials
  • Pastikan EG diisi dengan Surface eksisting (contoh di atas dengan nama Surface-1), kemudian untuk pilihan pada DATUM diisi Surface  Corridor atau Surface yang terbentuk dari hasil Corridor yang telah dibuat sebelumnya. (Contoh di atas dengan nama : ROW 10-2 ROW 10-2-(39). Pada langkah ini sangatlah menentukan muncul atau tidaknya volume tabel nanti, karena kebanyakan pada pengaturan ini tidak dapat membandingkan dua surface, secara tidak langsung maka Total Volume Table tidak dapat memunculkan nilai galian atau timbunan.

  • Langkah selanjutnya adalah mengatur Total Volume Table 
         (Analyze > Volume and Materials > Total Volume Table)

Menu Total Volume Table

  • Atur dan sesuaikan seperti berikut
Table style : Cut and Fill
Table layer : Biarkan saja
Select alignment : Pilih ROW 10 RUAS 2
Select sample line group : Pilih ROW 10 RUAS 2 (Sebelumnya telah dibuat)
Select material list : Material List - (5) (yang dibuat pada langkah Compute Material)
Untuk pengaturan lainnya bisa disesuaikan karena hanya terkait dengan tampilan tabel saja. 

Pengaturan Total Volume Table Autocad Civil 3D

catatan : Perlu diingat bahwa, bilalangkah-langkah ini tidak berhasil atau Volume galian dan timbunan tidak muncul di Atuocad Civil 3D, maka sebaiknya dicek kembali waktu awal pembuatan Sample line. karena di sini dianggap sample line sudah dibuat dan sesuai maka disini tidak akan dibahas, kalaupun perlu silahkan kunjungi pos sebelumnya di Cara membuat sample line di Autocad Civil 3D.
  • Setelah langkah di atas selesai maka klik OK dan tempatkan dimana tabel akan diletakkan.
Volume Galian dan Timbunan tanah dan profile

Tabel Volume Galian dan Timbunan
Pada tabel diatas ditunjukkan bahwa volume galian lebih banyak di banding volume timbunan, biasanya perencana berusaha menyeimbangkan antara volume galian dan volume timbunan tanpa harus mengorbankan alignment jalan baik itu alignment vertikal atau pun alignment horizontal serta standar desain jalan yang berlaku. Dengan demikian perencana dituntut untuk membuat desain sesuai dengan kriteria dan efisiensi terbaik dari keduanya.
Pada pos kali kita cukupkan saja, untuk hal-hal yang berhubungan dengan pos kali ini harus merujuk kepada poin-poin utama pada Autocad Civil 3D sebagai berikut ini yang dicetak tebal:

Posting Komentar untuk "Menampilkan Volume Galian dan Timbunan di Autocad Civil 3D"