Proyek Jalan Tol Getaci

Proyek Jalan Tol Getaci

Sebelum adanya Tol Getaci nama yang sempat populer mulai dari tahun 2018 yaitu Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya). Kabar baik saat ini pembangunan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Tol Getaci) berstandar internasional akan dibangun tahun 2022 yang disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) tentang pembangunan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Tol Getaci). Selain itu diumumkan dalam unggahan Instagram PUPR lewat akun @pupr_bpjt hari Kamis 6 Januari 2022 kemarin bahwa BPJT atau Badan Pengatur Jalan Tol sudah menetapkan pemenang lelang untuk pembangunan jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Tol Getaci). Melalui Kepala BPJT yaitu Danang Parikesit bersama anggota BPJT telah menyerahkan surat penetapan pemenang lelang. 

Gambar interchange tol
Gambar interchange tol

Pemenang lelang

Pemenang lelang pembangunan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Tol Getaci) ini terdiri dari perusahaan terkemuka di Indonesia selaku pemenang lelang pembangunan tol yang merupakan konsorsium dari hasil pelelangan tersebut:

    PT Jasa Marga Tbk. adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol.

    Merupakan konsorsium kontraktor swasta yang terlibat dalam proyek pembangunan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Tol Getaci) nantinya.

    PT Pembangunan Perumahan Tbk atau biasa disingkat menjadi PP, adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi.

    PT Waskita Karya Tbk. adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan ini memiliki lima divisi, yakni Gedung, Infrastruktur I, Infrastruktur II, EPC, dan Luar Negeri.

    Perusahaan yang biasa disingkat menjadi Wika adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, perusahaan ini juga memiliki sebelas kantor operasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan sembilan kantor perwakilan yang terletak di luar Indonesia.

Pembangunan Tol yang diharapkan

Pembangunan Tol Getaci ini diharap menangani beberapa titik kemacetan yang menyambungkan dari Bandung-Garut-Tasikmalaya-Cilacap. Disamping itu, sampai pada berita terkini sekarang ini awalnya rencana tol telah diperkirakan dengan matang sampai dengan Cilacap. Menurut Kepala BPJT Kementerian PUPT Danang Parikesit menjelaskan, “Sesuai pesan bapak Presiden Jokowi serta Menteri Basuki, pada tahun 2022 ini adalah tahun kualitas. Kita semua mengharapkan pekerjaan proyek tol ini, memiliki hasil dengan kualitas yang semakin lebih baik dengan standar internasional”. 

Peta dan Informasi Jalan Tol Getaci

Jalan Tol ini akan menyambungkan daerah Jawa Barat dengan Jawa Tengah, yang mempunyai keseluruhan panjang 206,65 Km dan nilai investasi sebesar Rp.56 triliun. Jalan tol Getaci ini nantinya memilki 10 simpang susun (SS) yakni SS Majalaya, SS Nagreg, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap. Gambaran Peta Tol Gedebage-Tasik-Cilacap (Getaci) dapat dilihat pada sebagai berikut dari sumber simpulkpbu.pu.go.id.


Peta Tol gedebage-tasik-cilacap
Peta Tol gedebage-Tasik-Cilacap (Getaci)


Tahap Pembangunan

Anggota BPJT Unsur Profesi, Koentjahjo Pamboedi menerangkan batas Tol Getaci pada tahapan konstruksi dan operasi dipisah jadi dua bagian. Tahapan 1 Gedebage - Tasikmalaya, dan konstruksinya dilaksanakan pada 2022 sampai tuntas 2024. Selanjutnya tahapan 2 seterusnya dari batas Tol Tasikmalaya - Cilacap pada 2027, diprediksi tuntas tahun 2029 dan kedepannya ada selang pengoperasian lebih kurang 3 tahun.

Pembangunan batas Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Tol Getaci) yang diawali tahun ini pesan Presiden Jokowi dan Menteri Basuki, pekerjaan proyek Tol Getaci ini diharap selesai sesuai rencana dengan hasil kualitas yang lebih baik dan berstandar Internasional.

Informasi ini menjadikan kabar baik untuk kita semua khususnya Jawa Barat dan Jawa Tengah yang akan memiliki jalur Tol yang selama ini menggunakan Rute Jalan Nasional Bandung-Cilacap.


Posting Komentar untuk "Proyek Jalan Tol Getaci"