Menghitung Rencana Anggaran Biaya Rumah

Rencana Anggaran Biaya - Rumah adalah impian setiap banyak orang untuk memilikinya, Apalagi kita yang hidup selama ini bergantung kepada orang tua dan ingin hidup mandiri serta rencana untuk berkeluarga. Mengikuti perkembangan zaman saat ini harga bahan bangunan dan tanah kian hari semakin tinggi yang tak lain akibat dari pengaruh kenaikan harga material bahan bangunan dan kenaikan harga BBM. Dengan kondisi tersebut sekiranya kita perlu untuk mengetahui dan cermat dalam mengetahui cara menghitung anggaran biaya membangun rumah, sehingga anggaran biaya membangun rumah dapat kita perkirakan dengan cermat dan tepat biaya untuk menghindari over budget dari pembangunan rumah yang kita impikan yang memang memaksimalkan biaya pembangunan tepat sasaran.


Menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya) dapat dikatakan gampang-gampang susah karena memang melakukan perhitungan biaya anggaran yang erat hubungannya dengan item pekerjaan dan material bahan bangunan. Menghitung rencana anggaran bagi orang awam yang memang bukan dari bidang teknik sipil sudah/mungkin dipastikan akan mengalami kesulitan karena biaya anggaran rumah memerlukan pemahaman seperti menghitung kebutuhan material, kebutuhan pekerja, volume setiap item pekerjaan, durasi pengerjaan bangunan dan lain sebagainya yang memang perlu melakukan perhitungan dan analisa yang seksama. Saat ini telah banyak konsultan atau orang profesional di bidangnya yang menyediakan jasa perhitungan anggaran biaya rumah yang dapat membantu kita dalam memperkirakan biaya anggaran bangunan rumah sehingga kita sangat terbantu oleh tenaga profesional yang berkecimpung di dunia konstruksi utamanya dalam menghitung anggaran biaya rumah.

Memahami Rencana Anggaran Biaya

Rencana anggaran biaya atau RAB adalah menghitung setiap kebutuhan volume pekerjaan dikali dengan harga satuan dan menghitung luas bangunan dikalikan dengan harga satuannya. Harga satuan adalah hasil analisis setiap item pekerjaan yang diterbitkan oleh Pekerjaan Umum secara nasional namun saat ini harga satuan telah dimiliki oleh masing-masing tiap daerah atau pemerintah daerah, selain harga satuan tiap-tiap pemerintah daerah ada juga harga satuan berupa buku jurnal harga satuan yang terbit dua kali dalam setahun.

Dasar Menghitung Anggaran Biaya

Hal mendasar dalam perhitungan anggaran biaya adalah ilmu matematika dengan menggunakan rumus-rumus dasar luas dan volume. Selain itu kemampuan yang harus dimiliki adalah membaca gambar desain atau perencanaan yang akan dilaksanakan. Membaca gambar adalah memiliki peranan penting dalam menghitung rencana anggaran biaya, karena setelah kita mengetahui bentuk atau bidang setiap item pekerjaan nantinya dilakukan perhitungan luas atau volume pekerjaan tersebut, membaca gambar atau membayangkan bentuk atau bidang item pekerjaan misalnya dalam bentuk hardcopy gambar rencana atau bisa juga dalam bentuk softcopy berupa file software Autocad yang di dalamnya berisi gambar-gambar perencanaan. Jika gambar perencanaan memang tidak ada, maka yang perlu dilakukan adalah membuat konsep berupa sketsa yang memiliki bentuk dan ukuran atau dimensi yang mudah dipahami untuk nantinya memudahkan dalam perhitungan luas penampang atau tiap-tiap item pekerjaan.
cara menghitung anggaran biaya rumah

Konsep Perhitungan Anggaran Biaya

Seperti yang telah diuraikan di atas, ada beberpa hal yang menjadi poin penting untuk menghitung anggaran biaya rumah atau bangunan sebagai berikut :
  • Menghitung mateial dan bahan bangunan
  • Menghitung biaya pekerja
  • Menghitung biaya pemakaian peralatan
  • Menghitung overhead yaitu biaya-biaya yang perlu diantisipasi
  • Biaya perkiraan pajak biaya total apabila melaksanakan pelelangan
  • Menghitung biaya tak terduga seperti koordinasi keamanan dll.
  • Perhitungan anggaran biaya perizinan seperti IMB dan izin lainnya
  • Menghitung keuntungan untuk penyedia jasa jika menggunkan jasa kontraktor.
Demikianlah konsep cara menghitung rencana anggaran biaya (RAB) rumah dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam mencermati atau mengetahui kisaran anggara biaya pembangunan rumah. Jika memang kita memiliki kesulitan dalam menghitung rencana anggaran biaya tidak ada salahnya kita menyerahkan sepenuhnya dan mempercayakan kepada tenaga profesional agar nilai rencana anggaran biaya rumah tepat dan benar.

Posting Komentar untuk "Menghitung Rencana Anggaran Biaya Rumah"