Cara Membuat Assembly di Civil 3D

 Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat tutorial Cara membuat Assembly jalan di Autocad Civil 3D. Pada pos sembelumnya kita telah membuat beberapa tutorial seperti Cara membuat kontur di Autocad Civil 3D, Cara membuat Surface, Membuat Potongan Memanjang atau Profile View dan beberapa lainnya sebagai rujukan untuk melanjutkan tutorial selanjutnya yang berhubungan langsung pada tutorial kali ini. Sehingga bagi teman-teman yang memang masih belajar tentang cara penggunaan Autocad Civil 3D seperti kita disini, ada baiknya mengikuti secara runut urutan dalam proses tahapan pengoperasiannya. Autocad Civil 3D sendiri memang mengharuskan kita untuk tahu urutan dalam proses pengerjaannya. 

Contoh ROW Jalan Kawasan

Perlu diingat kita ketahui dalam membuat Assembly di Autocad Civil 3D tentu tujuannya dibuat Assembly adalah untuk membuat Corridor pada desain yang akan kita kerjakan, selain itu pasti akan berhubungan dengan Surface, Alignment, Profile view dan beberapa elemen lainnya.

Untuk memulainya disini kita menggunakan Surface, alignment dan profile view yang telah kita buat karena disini kita hanya fokus pada cara membuat Assembly maka pastikan kita telah membuat elemen yang disebutkan di atas.

Salah satu contoh untuk membuat Assembly jalan kita ambil contoh seperti gambar di atas yaitu ROW 15, dimana gambar tersebut mempunya lebar jalan perkerasan 7 meter serta pedestrian seperti ditunjukkan pada gambar tersebut. Sebetulnya kita dapat membuat Assmbly penampang jalan dari polyline kemudian menjadikannya Assembly, akan tetapi disini kita mencoba menggunakan object-object yang disediakan di Autocad Civil 3D. Berikut tahapan yang dapat kita ikuti.

1. Menampilkan Tool Pallate Assembly

Tool Pallate Assembly

2. Create Assembly

Create Assembly

3. Perkerasan jalan dengan LaneSuperelevationAOR

LanesuperelevationAOR
Klik kanan > Subassembly Properties... dan atur seperti berikut
Pengaturan Subassembly LaneSuperelevationAOR

4.BasicCurb

BasicCurb Assmbly
Klik kanan > Subassembly Properties... dan atur seperti berikut
Pengaturan BasicCurb Assembly

5. BasicSidewalk

BasicSidewalk Assembly
Klik kanan > Subassembly Properties... dan atur seperti berikut
Setting BasicSidewalk Assembly

6. Copy BasicCurb 

(untuk ditempatkan dibagian kanan)

Sebelum melakaukan Copy BasicCurb ke sebelah kanan, kita harus memberikan MarkPoint terlebih dahulu agar dapat sejajar. Dengan menggunakan garis bantu pindahkan Markpoint tepat sejajar dengan titik A, lihat gambar berikut.
MarkPoint
Kemudian Klik kanan pada BasicCurb > Copy to dan tempatkan pada MarkPoint sebelumnya
Copy BasicCurb ke MarkPoint

7. Sidewalk/Pedestrian

Untuk selanjutnya kita akan membuat Sidewalk/Pedestrian paling kanan, sebelumnya gunakan Markpoint untuk memberikan titik referensi agar sejajar dengan posisinya seperti penampang jalan ROW 15.
Membuat Markpoint pada BasicCurb
Selanjutnya tambahkan BasicSidewalk dan tempatkan pada MarkPoint
BasicSidewal Assembly
Klik kanan > Subassembly Properties... dan atur seperti berikut
Setting BasicSidewalk

8. LotGrade

LotGrade Assembly
Klik kanan > Subassembly Properties... dan atur seperti berikut
LotGrade Setting

9. DaylightStandard (Kemiringan lereng) 

Atur parameter untuk kemiringan lereng rencana
DaylightStandard

10. Mirror Asssembly

Mirror Assembly
Klik Assembly > Mirror > Select Subassembly yang akan kita mirror (garis putus-putus di atas)
Pada tahap ini langkah-langkah cara membuat Assembly jalan Autocad Civil 3D telah selesai dan hasilnya ditunjukkan seperti berikut :
Asembly Jalan ROW 15
Pada gambar ditunjukkan adanya Uditch, sedangkan pada penjelasan di atas tidak dijelaskan terkait tentang bagaimana cara membuat Subassembly uditch tersebut, sengaja dibuat pada pos terpisah untuk mudah dipahami tentang cara pembuatan subassembly dengan perintah Create Subassembly from polyline, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi pos Cara Membuat Subassembly dari Polyline Autocad Civil 3D.
Sekian pos kali ini tentang Cara membuat Assembly jalan di Autocad Civil 3D dan kunjungi pos lainnya yaitu Cara membuat Corridor Autocad Civil 3D.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Assembly di Civil 3D"