Pengertian Grading Pada AutoCAD Civil 3D

Apa Itu Grading AutoCAD Civil 3D?

Gunakan alat bantu dan perintah grading di Autodesk Civil 3D untuk mendesain permukaan tanah yang presisi dan akurat. Dengan Autodesk Civil 3D, Anda dapat membuat proyeksi grading dengan menerapkan kriteria grading pada footprint. Grading ini dikelompokkan ke dalam koleksi yang diberi nama untuk mempermudah pembuatan desain permukaan akhir dan perhitungan volume.

Grading biasanya terdiri dari footprint, garis daylight, garis proyeksi, dan permukaan. Footprint bisa berupa gambar terbuka atau tertutup, dan harus berupa garis fitur, garis lot, atau garis daylight yang dihasilkan dari grading lain. Permukaan adalah area yang dibatasi oleh garis-garis yang mendefinisikan grading dan ditandai dengan penanda tengah.

Bagaimana Proses Grading Dilakukan?

Dalam proses grading, target yang digunakan dapat berupa permukaan, jarak, elevasi, atau elevasi relatif. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, Autodesk Civil 3D membantu kita membuat desain yang lebih efisien dan terukur.

Berikut contoh denah grading pada AutoCAD Civil 3D :

Pengertian grading

Kita juga dapat menggunakan perintah garis feature line untuk membuat dan mengeditnya. Feature line dapat disertakan secara langsung ke permukaan sebagai breakline, atau Kita dapat menggunakannya sebagai tapak grading atau footprint.

Apa yang Disiapkan Untuk Memulai Grading?

Sebelum Kita mulai melakukan grading, Kita harus mengatur pengaturan dan menetapkan kriteria gradingnya seperti berikut ini:

Grading site: 

Pengertian site pada grading yaitu grading dibuat dalam kelompok dalam topologi site dalam artian bahwa ketika kita bekerja atau melakukan grading pada site 1 tidak akan terpengaruh atau berinteraksi dengan objek site lainnya karena objek tersebut berada pada site yang berbeda.

Grading group: 

Grading group adalah pengelompokan suatu permukaan grading dengan tujuan untuk memisahkan perhitungan volume grading jika diperlukan, sehingga kita dapat mengetahui volume grading pada masing-masing group grading, misalnya adalah ketika kita ingin memisahkan volume grading gedung operasi pabrik dengan volume grading jalan maka sebaiknya kita buat dalam group 1 yaitu grading group gedung operasi pabrik dan grading group jalan. sehingga kita dapat mengetahui berapa jumlah cut dan fill pada masing-masing grading group tersebut. selain itu grading group lebih mudah untuk menaikkan atau menurunkan grading group secara bertahap dalam menyesuaikan kebutuhan volume juga dapat mengubah elevasi titik-titik di sepanjang garis dasar grading, mengubah grade garis dasar, atau memodifikasi kriteria grading.

Grading Footprints:

Grading diproyeksikan ke arah targetnya dari tapak yang dipilih. Footprints dapat berupa garis feature line yang kita buat secara khusus untuk tujuan ini, atau kita dapat mengekspor garis feature line dari koridor atau menggunakan garis parcel.

Grading Target :

Grading target yaitu dimana grading membutuhkan sebuah target yang ingin dituju. Targetnya ini dapat berupa permukaan (surface), jarak (distance), atau ketinggian (elevasi).
Berikut gambaran dari grading target :
Grading target civil 3d

Untuk lebih jelas tentang dari baca pengertian dari Grading Target AutCAD civil 3D.
Itulah penjelasan tentang pengertian grading pada AutoCAD Civil 3D secara singkat untuk memahami pengertiannya secara sederhana, selain itu untuk lebih jelas lagi apa itu grading dapat menyikak video tentang cara membuat grading kawasan seperti contoh video kami di Tutorial grading kawasan Autocad Civil 3D. Semoga bermanfaat!.

Posting Komentar untuk "Pengertian Grading Pada AutoCAD Civil 3D"